ANDA BARU MEMULAI BISNIS? INI ALASAN ANDA HARUS MEMILIKI TABUNGAN BISNIS

Dalam mengatur keuangan sebagai pebisnis atau pemilik usaha, tentunya anda memerlukan tabungan khusus yang harus terpisah dari tabungan pribadi. Fungsi utama dari rekening bisnis atau rekening usaha ini tentu saja untuk memperjelas aliran dana pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan bisnis atau usaha anda. Selain itu adanya tabungan bisnis atau tabungan usaha biasanya juga disertai fitur-fitur khusus yang tidak disediakan pada tabungan biasa.

Image by Goumbik from Pixabay

Beberapa fitur tabungan bisnis yang bermanfaat untuk bisnis anda adalah sebagai berikut :

  1. Mudah Mengontrol Keuangan Bisnis/Usaha

Sebagai pemilik bisnis anda menjadi lebih mudah dalam mengontrol keuangan. Mengapa demikian? Dengan tabungan bisnis ini, anda dapat mengontrol keuangan pada bisnis anda dengan cara meminta bank membuat report bulanan transaksi yang terjadi pada bisnis anda.

  1. Memudahkan Anda Dalam Bertransaksi Bisnis

Seringkali dalam melakukan transaksi bisnis, anda perlu mengeluarkan uang dengan nominal dan jumlah yang besar. Hal ini akan menjadi tidak praktis bila dilakukan secara tunai sekaligus tidak aman dilakukan karena rentan dicuri. Dengan tabungan bisnis, memudahkan anda untuk bertransaksi dengan client atau customer anda. Apalagi jika sudah didukung dengan teknologi mobile banking.

  1. Keamanan Dana Bisnis Anda Terjamin

Dengan tabungan bisnis, kemanan uang bisnis anda akan terjamin. Bank akan menjamin keamanan uang anda sampai dengan jumlah maksimal sebesar Rp. 2 Milyard per tabungan. Sehingga dana bisnis anda terjamin.

Baca Juga: Menjadi orang yang resiliens atau gigih menghadapi perubahan New Normal

  1. Kredibilitas Bisnis Anda Terjamin

Perusahaan yang memiliki rekening bisnis dapat menaikkan kredibilitas bisnis dan tampak profesional didepan mata konsumen atau mitra bisnis. Hal ini disebabkan karena nama yang tercantum dalam rekening tersebut adalah nama bisnis Anda, bukan nama pribadi Anda.

  1. Banyak Benefit Yang Ditawarkan

Untuk menarik nasabah segmen bisnis/usaha, biasanya pihak bank menarik nasabahnya dengan berbagai hadiah menarik. Memiliki rekening bisnis dengan jumlah saldo tabungan tertentu maka anda akan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik atau layanan yang memudahkan bisnis anda.

Berdasarkan paparan manfaat memiliki tabungan untuk perusahaan, maka menjadi penting bagi perusahaan untuk memiliki tabungan. Pada umumnya, bank menawarkan berbagai jenis rekening tabungan. Jenis tabungan yang cocok untuk perusahaan Anda adalah tabungan bisnis atau tabungan usaha. Hal ini disebabkan karena tabungan bisnis memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan dan memudahkan Anda untuk mengelola bisnis.

Image by Mohamed Hassan from Pixabay

Beberapa bank menawarkan beberapa fasilitas yang berbeda untuk tabungan bisnis, tetapi pada umumnya mereka memiliki kesamaan yaitu :

  1. Suku bunga tabungan yang lebih tinggi daripada tabungan biasa

  2. Bebas biaya transfer antar bank bahkan ada bebeberapa bank yang membebaskan biaya RTGS (real time gross settlement).

  3. Anda mendapatkan fasilitas menerbitkan Bilyet Giro (BG). Layanan BG ini dapat memudahkan anda untuk mengatur cash flow perusahaan anda, terutama jika anda akan menggunakan pembayaran yang bersifat Termin.

  4. Bebas biaya administrasi bulanan

Baca Juga: Melihat lebih dekat strategi marketing sepeda lipat Brompton

Selain segudang keuntungan tabungan bisnis tersebut, namun ada baiknya berhati-hati sebelum membuka tabungan bisnis anda. Berbagai kesalahan bisa terjadi dalam prosesnya. Oleh sebab itu, Anda bisa menghindarinya dengan mengenali berbagai kesalahan berikut.

  1. Memasukkan Informasi Yang Kurang Tepat Saat Membuka Tabungan

Pastikan sebelum membuka tabungan bisnis, anda sudah mendapatkan informasi detail tentang dokumen apa saja yang harus dibawa untuk pembukaan rekening. Jika menggunakan jasa bank yang beroperasi secara online, pastikan Anda membaca seluruh persyaratan yang dibutuhkan.

  1. Salah Memilih Bank Yang Tepat

Anda mungkin berpikir bahwa semua bank itu sama. Apa pun banknya, yang penting Anda bisa memiliki rekening khusus untuk bisnis baru Anda. Kenyataannya tidak seperti itu. Hanya karena Anda merasa familiar dengan bank tertentu, bukan berarti Anda bisa langsung memilihnya sebagai tempat membuka rekening bisnis. Karenanya, sebelum memutuskan bank mana yang Anda pilih untuk membuka rekening bisnis, cobalah menulis daftar kebutuhan finansial Anda sekarang dan di masa depan.

  1. Kurang Mempertimbangkan Saldo Minimum Bulanan

Ada banyak rekening bank bisnis yang menawarkan keringanan biaya apabila saldo dalam rekening berada di atas jumlah minimum tiap bulannya. Sayangnya, hal ini masih kurang diperhatikan oleh pada pebisnis. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan denda atau biaya yang tidak perlu karena saldo dalam rekening bisnis Anda berada di bawah ketentuan minimum.

  1. Tidak Merencanakan Otoritasi Pendatangan Pembayaran

Tabungan bisnis memiliki fasilitas untuk menerbitkan cek guna keperluan bisnis anda. Namun ada banyak pemilik bisnis kecil yang sering lupa merencanakan sistem penandatanganan untuk keperluan cek bisnis mereka. Dengan mempertimbangkan hal tersebut sebelum membuat rekening bisnis baru, nantinya Anda tak harus pusing melakukan perubahan di bank.

Itulah beberapa informasi mengapa sebagai seorang pebisnsi yang baru membuka usahanya kita perlu membuka sebuah tabungan bisnis. Nah sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat rekening bisnis agar Anda lebih mudah mengatur keuangan dan usaha Anda semakin berkembang.


Ditulis oleh Anggi Salma, Staf Chaakra Consulting

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up