Cara Simpel Meningkatkan Pengalaman Pengunjung Website Kita

Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang jenis-jenis website untuk bisnis dan manfaatnya, telah diceritakan bahwa kehadiran website dapat membantu mendongkrak penjualan bisnis. Namun tahukah Anda bahwa ada salah satu komponen penting yang dapat memengaruhi website bisnis Anda banyak dikunjungi. Komponen tersebut adalah User Interface (UI) dan User Experience (UX).

Dalam dunia digital, UI merupakan apa yang terjadi di layar (perangkat) sedangkan UX merupakan apa yang terjadi di depan layar (pengguna). Dengan kata lain, UI adalah tampilan website bisnis Anda dan UX adalah pengalaman pengguna atau pengunjung saat mengunjungi website bisnis Anda.

Terkadang dalam mebuat website, kita ingin tampilan website kita terlihat cantik dan menarik (UI). Karena bagi beberapa orang, tampilan website yang cantik dan menarik lah yang dapat membuat pengguna atau pengunjung website tersebut betah melihat produk yang ditawarkan dalam website bisnis-nya.

Namun, pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Meskipun website bisnis Anda telah terlihat cantik dan menarik namun bila sulit digunakan, maka calon pembeli pun enggan berlama-lama dalam melihat produk Anda. Bahkan mereka mungkin tidak akan melihat produk Anda.

Baca Juga: Yuk Kita Buka Rahasia Tik Tok Menjadi Perusahaan Global

Oleh karena itu, peran UI dan UX sangat krusial untuk kualitas sebuah situs website bisnis Anda. UI dari sebuah situs web akan secara langsung mempengaruhi UX atau pengalaman pengguna. Kedua hal inilah yang perlu diperhatikan dalam membuat website bisnis.

Ketika Anda membuat website bisnis, aspek UI yang perlu diperhatikan adalah bagaimana tampilan dan fungsi dari tampilan situs tersebut. Desain UI yang baik adalah desain yang jelas, ringkas, mudah dipahami, responsif, konsisten, menarik dan efisien karena dapat memberikan dampak yang besar. Misalnya ukuran suatu tombol dan warna yang digunakan bisa mempengaruhi seseorang agar mengklik atau tidaknya tombol tersebut. Contohnya penggunaan tombol biru untuk perintah submit atau kirim file dan tombol merah untuk menghapus sesuatu.

Sedangkan aspek UX yang perlu diperhatikan adalah pengalaman pengguna atau user experience mereka harus menjadi prioritas utama. Ketika orang-orang memiliki pengalaman yang baik di situs kita, mereka akan cenderung berfikir dan bersedia untuk melihat website bisnis Anda, termasuk membaca deskripsi produk atau jasa yang anda tawarkan dalam waktu yang lama.

Selain itu, terdapat kemungkinan yang besar juga bahwa pengunjung tersebut dapat mengajak orang-orang disekitarnya seperti keluarga, teman atau kolega kerja untuk melihat situs website bisnis Anda dan mempertimbangkan untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Hal ini akan menjadi sangat vital jika situs website bisnis Anda bergerak dalam bidang e-commerce atau toko online. Semakin banyak orang yang mengunjungi website bisnis Anda, semakin besar keuntungan yang mungkin kita dapat. Sebaliknya jika user interface desain website bisnis Anda buruk, maka pengunjung tidak akan betah berlama-lama untuk menggunakan situs website bisnis Anda.

Apa yang telah dipaparkan diatas bukanlah sekedar teori belaka, Google pun mengatakan bahwa pengalaman pengguna atau user experience merupakan salah satu faktor dalam peringkat mesin telusurnya ( Hal ini dibuktikan dari data GlobalStats (2020), Google mendominasi pasar mesin pencarian sebesar 92%. Artinya banyak masyarakat dunia yang menggunakan mesin pencarian Google.

Baca Juga: Tetap Produktif dengan Kerja Jarak Jauh

Jadi kesimpulannya, situs web saat ini fungsinya mirip seperti toko dan pengguna situs web sebagai seorang calon pembeli yang masuk ke toko kita. Maka dari itu, sudah kewajiban kita sebagai pemilik toko untuk memberikan pelayanan terbaik untuk calon pembeli agar mereka mendapatkan pengalaman yang baik pula dan mereka bisa menemukan apa yang mereka inginkan di toko kita. Jika mereka mengalami pengalaman yang buruk, contohnya si calon pembeli ini tidak bisa menemukan apa yang mereka butuhkan, maka si calon pembeli pasti akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

Demikian artikel kami tentang cara simpel meningkatkan pengalaman pengunjung ke website kita. Apabila sahabat ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait hal tersebut, jangan ragu tinggalkan komentar atau langsung saja kontak admin kami ya.


Ditulis oleh: Dhiki Wibawa

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up