KOORDINASI KERJA JARAK JAUH AKAN LEBIH EFEKTIF: SIMAK LIMA TIPS INI

Di zaman yang serba digital yang dibarengi dengan semakin stabilnya koneksi internet, banyak pekerja atau perusahaan yang memilih untuk bekerja dengan lebih fleksibel khususnya di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Maka dari itu pilihan untuk bekerja secara fleksibel baik fleksibel dari segi waktu maupun tempat merupakan pilihan yang baik terutama untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kita semua.

Ide kerja jarak jauh, entah dari rumah, kafe atau ruang kerja bersama (co-working space), sepertinya menjadi solusi atas keluhan pegawai akan akses ke kantor yang sudah tidak nyaman lagi dengan macetnya jalanan atau berjubelnya penumpang angkutan umum.

Pandemi telah memaksa banyak perusahaan menerapkan pola kerja jarak jauh. Efektivitasnya memang masih sulit diukur karena kondisi perekonomian global yang lagi menurun dan berakibat berkurangnya permintaan akan barang dan jasa, sehingga perusahaan belum bisa optimal dalam beroperasi.

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Untuk memaksimalkan kinerja jarak jauh, terdapat beberapa tips yang bisa kita lakukan diantaranya, pertama adalah pastikan kita memiliki peralatan yang pas seperti laptop atau komputer, akses internet, email, dan alat komunikasi karena bekerja dari jarak jauh pada dasarnya bergantung pada penggunaan teknologi.

Kedua adalah pastikan kita berada di tempat yang nyaman untuk bekerja. Bekerja di tempat yang nyaman bukan berarti bekerja di tempat tidur atau juga kita harus membuat ruangan kantor di rumah. Yang penting adalah kita berada di tempat atau ruangan yang nyaman dan dapat mendukung berbagai macam kegiatan yang kita perlukan untuk bekerja jarak jauh.

Baca Juga: Penguatan Identitas Kepemimpinan sebagai Pereduksi Angka Bunuh Diri di Kalangan Pemuda Indonesia

Ketiga adalah disiplin dalam jam kerja. Tantangan terbesar dari bekerja jarak jauh adalah munculnya kegiatan lain yang bisa menganggu kedisiplinan kita dalam bekerja seperti aplikasi media sosial, aplikasi nonton film online, dsb. Maka dari itu penting untuk kita selalu menerapkan kedisiplinan dalam bekerja jarak jauh dengan cara menjauhkan apa saja yang bisa mengganggu fokus kita dalam bekerja. Karena meskipun kita bekerja jarak jauh kita juga harus tetap menjaga tanggung jawab kita terhadap pekerjaan.

Photo by fauxels from Pexels

Keempat adalah selalu bangun dan jaga komunikasi yang  baik antar rekan kerja. Pastikan kita tetap berkomunikasi tidak hanya melalui surat elektronik dan aplikasi pesan instan, tapi jika diperlukan kita bisa melakukan tatap muka jarak jauh. Bisa jadi komunikasi yang melibatkan wajah, bahasa tubuh, dan suara bisa lebih membantu kita untuk saling memahami antar sesama rekan kerja.

Kelima adalah catatkan setiap hasil yang diperoleh dan selalu transparan agar lebih akuntabel dan produktif. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita dalam hal ini yang salah satu contohnya adalah Timesheet. Selain itu, selalu bersifat transparan juga sangat diperlukan agar menjamin kelangsungan setiap pekerjaan yang diperlukan. Hal tersebut menjaga kita untuk tidak lalai dalam mengemban tanggung jawab atau yang bisa kita kenal dengan istilah “buang badan” atau “lempar batu sembunyi tangan”.

Baca Juga: Sudahi Perang Opini Mengenai Ibu Bekerja vs Ibu Dirumah

Terakhir adalah jangan lupa untuk beristirahat. Meski bekerja dari jarak jauh, kita juga butuh waktu untuk istirahat, atau keluar sejenak dari rutinitas pekerjaan. Kerja dari rumah salah satu tantangannya kita tidak mampu membedakan waktu istirahat dengan jam kerja. Maka dari itu, pastikan kita menjadwalkan waktu istirahat yang cukup untuk siap bekerja lebih produktif lagi.

Jadi kesimpulannya, bekerja jarak jauh merupakan pilihan yang tepat di tengah pandemi seperti ini. Tetapi jangan lupa untuk selalu bertanggung jawab dengan setiap pekerjaan yang kita lakukan demi kelangsungan pekerjaan dan menjaga produktifitas kita.


Ditulis Oleh Dhiki, Staf Chaakra Consulting

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up