MEMBANGUN KEBIASAAN KERJA UNTUK MENDONGRAK KARIR

  • by chaakra
  • 7 October 2020

Kebiasaan kerja adalah perilaku, etika, maupun elemen praktis yang dilakukan oleh karyawan untuk melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar maupun SOP yang telah ditetapkan perusahaan (workplacetesting, 2017). Berdasarkan pengertian kebiasaan kerja tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan kerja memiliki peranan yang penting dalam pekerjaan, khususnya dalam mendongkrak karir.

Berikut adalah beberapa alasan penting nya memiliki kebiasaan kerja

  1. Salah satu elemen dari kebiasaan kerja adalah melakukan tugas kerja sesuai dengan standar maupun SOP yang telah ditetapkan perusahaan. Bila karyawan dapat memenuhi atau melebihi standar perusahaan maka akan berdampak pada prestasi kerjanya yang dapat membantu Anda meningkatkan karir Anda.
  2. Kebiasaan kerja yang efektif dapat membantu Anda dalam memberikan kualitas kerja yang optimal, sehingga akan membuat perusahaan menjadi percaya dengan kemampuan Anda. Akibatnya Anda akan mendapatkan kepercayaan untuk melakukan tugas krusial dalam perusahaan.
  3. Memiliki kebiasaan kerja yang baik akan membantu keryawan dapat bekerja dengan produktif (DuBrin, 2005) sehingga orang tersebut mempu menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu tanpa harus mengorbankan waktu personalnya.
  4. Kebiasaan kerja dapat berdampak pada dua hal yaitu kemampuan karyawan tersebut dalam mengelola waktu kerja dan waktu pribadi yang seimbang dan kemampuan untuk mengelola waktunya agar tidak melakukan tindakan menunda-nunda.

Baca Juga: Yuk Kita Buka Rahasia Tik-Tok Menjadi Perusahaan Global

Oleh sebab itulah kebiasaan kerja baik perlu dimiliki, namun kebiasaan kerja yang baik seperti apa yang harus dimiliki? Kebiasaan kerja dapat berbeda tergantung dari budaya kerja organisasi, budaya negara, maupun jenis pekerjaannya. Contohnya adalah pekerja konstruksi perlu memiliki kebiasaan kerja yang berhubungan dengan keamanan kerja, seorang akuntan perlu memiliki kebiasaan kerja yang telaten dan teliti karena harus berhubungan dengan perkerjaan hitungan.

Tetapi, secara umum kebiasaan kerja yang baik serta efektif dan dapat diaplikasikan pada semua jenis pekerjaan maupun instansi adalah (ATD Staff, 2020; McKay, 2019):

  1. Menjadi sosok yang inovatif, dimana berani memulai sesuatu, dapat memberikan solusi penyelesaian masalah, serta memperbaiki kinerja sendiri demi meningkatnya efektivitas kerja
  2. Bersedia dan suka belajar hal-hal yang baru serta mampu menerima dan menerapkan kritik atau saran perbaikan dari orang lain
  3. Teliti dalam bekerja, agar lebih efisien dalam bekerja
  4. Memahami dan melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP atau standar yang berlaku di tempat Anda bekerja
  5. Disiplin dalam bekerja agar dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu serta tidak menunda-nunda pekerjaan
  6. Menjaga kesehatan badan, mental serta mood agar dapat melaksanakan tugas pekerjaan dengan maksimal

Baca Juga: Koordinasi Kerja Jarak Jauh akan Lebih Efektif: Simak Lima Tips Ini!

Setelah mengetahui kebiasaan kerja yang harus dimiliki, sekarang saatnya untuk mengembangkan kebiasaan tersebut agar terus melekat pada diri Anda. Bagaimana caranya? Bila kita ketikkan “cara membangun kebiasaan” di internet, akan keluar banyak strategi yang bisa dilakukan. Semua strategi tersebut bisa berhasil maupun tidak tergantung dari diri Anda sendiri.

Oleh karena itu, sebelum mengembangkan kebiasaan kerja, Anda perlu memiliki niat untuk mengembangkan kebiasaan tersebut. Anda bisa menuliskan kebiasaan yang ingin dikembangkan lalu tempel di atas meja tempat kerja Anda sehingga Anda selau melihat tujuan Anda dan terus tergerak untuk mengembangkannya.

Berikut ini adalah strategi mengembangkan kebiasaan yang bisa dilakukan

  1. Memilih 1-3 kebiasaan kerja yang ingin dikembangkan. Lakukan sedikit demi sedikit agar tidak kewalahan dan terasa berat dalam mengerjakannya
  2. Anda bisa memberitahukan orang lain bahwa Anda sedang mengembangkan kebiasaan kerja A agar pertama, Anda akan merasa diawasi untuk terus mengembangkan kebiasaan tersebut dan kedua, mereka dapat mengingatkan Anda bila Anda tidak melakukan kebiasaan kerja yang ingin dikembangkan
  3. Pelajari cara mengembangkan kebiasaan kerja yang diinginkan, misalnya dengan membaca buku mengenai cara menjadi sosok yang inovatif, mengikuti pelatihan pengembangan diri, atau dengan bertanya pada orang yang telah memiliki kebiasaan kerja tersebut
  4. Lakukan kebiasaan kerja tersebut kemudian catat prosesnya sehingga Anda dapat melihat sendiri proses pengembangan kebiasaan kerja tersebut.
  5. Beri penghargaan atau reward pada diri Anda bila Anda berhasil terus melakukan kebiasaan kerja pada durasi tertentu

Baca Juga: Anda Baru Membuka Bisnis? Ini Alasan Anda Harus Memiliki Tabungan Bisnis

Mengembangkan kebiasaan bukanlah sesuatu yang dapat langsung berkembang dalam waktu sehari. Butuh waktu untuk dapat mengembangkannya dan waktunya bisa bervariasi. Menurut penelitian, orang membutuhkan waktu dari 18-254 hari untuk dapat memiliki suatu kebiasaan serta rata-rata memiliki waktu 66 hari (Lally, dkk, 2009 dalam Frothingham, 2019). Dengan demikian memiliki niat adalah salah satu faktor penting terciptanya niat. Selain niat, seseorang juga perlu mempertahankan motivasinya untuk terus mengembangkan diri.

Sahabat Chaakra, yuk pelan-pelan mengembangkan diri Anda dari sekarang agar dapat memberikan dampak positif di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadi Anda.


Ditulis oleh: Sri Andiani, staf Chaakra Consulting

Leave a comment