MENGENAL JENIS-JENIS WEBSITE BISNIS DAN MANFAATNYA

  • by chaakra
  • 18 August 2020

Pada awal pembuatannya tahun 1989, website digunakan sebagai alat untuk pertukaran informasi para ilmuan di perguruan tinggi. Pada 1994, website mulai digunakan untuk tujuan lain seperti bisnis (Microsoft, IBM, dan Pizza Hut), organisasi (Amnesty Internasional), lembaga pemerintah (White House), situs berita (The Telegraph dan The Economist), dan mesin pencari (Yahoo!).

Berdasarkan hasil penelitian dari AdWeek sebuah perusahaan penyedia layanan iklan terkemuka didunia, menunjukkan bahwa saat ini 81% konsumen mencari informasi terlebih dahulu di Google, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Maka dari itu, website memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dengan munculnya website Anda di hasil pencarian Google, konsumen akan merasa lebih yakin dengan produk Anda. Berdasarkan survey Verisign sebuah perusahaan penyedia jasa cloud computing, manunjukkan bahwa 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website dapat membuat bisnis mereka terlihat lebih kredibel atau terpercaya. Ini artinya, website menjadi salah faktor penentu kesuksesan dalam sebuah bisnis.

Berdasarkan informasi tersebut, kami divisi research merangkum beberapa peranan dari penggunaan website dalam berbisnis yang menjadi alasan perlu memiliki website adalah:

  1. Sebagai informasi bagi konsumen

Konsumen biasanya akan mencari tahu produk yang akan dibelinya terlebih dahulu, salah satu caranya melalui mesin pencari Google. Sehingga dengan munculnya website Anda di hasil pencarian Google, konsumen akan merasa lebih yakin dengan produk Anda.

  1. Dapat memperluas Market / Segmentasi Pasar

Salah satu manfaat terbesar yang didapat dari pembuatan website untuk bisnis adalah dapat menjangkau market yang lebih besar, bahkan ke lingkup nasional atau internasional.

  1. Dapat membangun branding bisnis

Bisnis tanpa branding bagaikan membuat gunung dengan pasir pantai, akan tenggelam saat ombak menghampiri. Branding akan membantu bisnis bertahan dalam jangka panjang.

  1. Mudah diakses

Sebuah website bisa diakses selama 24 jam sehari, sehingga konsumen bisa melihat infromasi produk anda saat toko atau kantor fisik Anda tutup.

Oleh sebab itu, memiliki website adalah hal yang krusial dimiliki oleh pemilik bisnis Membuat website sebetulnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan website gratis atau menggunakan jasa website developer untuk membangun website Anda.

Namun, sebelum berpikir terlalu jauh. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah memikirkan ide dan konsep bisnis yang akan dikembangkan dengan media website. Menentukan tujuan website ini akan berpengaruh terhadap pembuatan fitur yang harus ada pada website.

Pada umumnya, website untuk berbisnis memiliki dua jenis berdasarkan kegunaan, yaitu:

  1. Company Profile

Website yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan dan cocok digunakan untuk perusahaan yang mempunyai layanan jasa atau bisnisnya bergerak dibidang business to business.

  1. E-Commerce (Toko Online)

Website Toko Online atau disebut juga e-Commerce adalah sebuah website untuk menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online. Contoh e-Commerce yang sangat terkenal yaitu Bukalapak dan Tokopedia.

Untuk membangun sebuah website, tentu saja faktor biaya menjadi salah satu penentunya. Sahabat bisa saja mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 600.000 s/d Rp. 20.000.000 untuk membangun website company profile tergantung dari kompleksitas website yang dibangun. Sedangkan untuk membangun website E-commerce, sahabat harus siap merogoh kocek mulai dari Rp. 10.000,000 s/d Rp. 40.000.000 tergantung dari fitur yang diinginkan.

Selain memilih tipe website mana yang ingin dibangun. Aspek yang tak kalah pentingnya untuk meraih sukses dalam membangun website adalah menentukan layanan web hosting dan penyimpanan. Penting untuk memilih layanan yang sesuai dan memiliki fitur untuk mengamankan data-data bisnis dari serangan hacker ataupun gangguan lainnya yang dapat mengganggu proses bisnis.

Terkahir agar Website bisnis yang sahabat bangun dapat berjalan secara optimal. Tentu saja website tersebut harus dapat mengconvert pengunjung menjadi penjualan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau. Dengan melakukan optimasi pada website memungkinkan website Anda muncul dihalaman pencarian search engine dan mendapatkan pengunjung yang kemungkinan besar menginginkan produk Anda.

  1. Social Media Marketing

Integrasikan website bisnis sahabat dengan akun sosial media bisnis sahabat. Hal ini untuk menciptakan saluran pemasaran yang terintegrasi didunia online.

  1. Affiliate Marketing

Integrasikan website bisnis sahabat dengan website lain, agar semakin banyak pengunjung yang datang mengunjungi website sahabat.

Nah itulah hal-hal dasar yang perlu kita ketahui tentang membangun sebuah website bisnis. Jika sahabat memerlukan informasi lebih dalam atau ingin berkonsultasi terkait pembuatan atau optimalisasi website bisnis yang sahabat punya, jangan ragu meninggalkan komentear atau hubungi admin kami. Semoga bermanfaat, terima kasih sahabat.

Leave a comment