Yuk, Merencanakan Karir Kita dengan Metode SWOT
  • by chaakra
  • 8 March 2021

Merencanakan karir adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencapai target karir, karena tidak bisa dipungkiri bahwa kita pasti memiliki keinginan tertentu atau karir impian.

Misalnya memiliki target karir untuk dipromosikan, dipercayakan untuk menjadi koordinator atau ketua proyek dan sebagainya.

Sehingga kita perlu merencanakan karir untuk memudahkan mencapai target dan karir impian tersebut. Salah satu caranya dengan menggunakan metode SWOT.

A Business person with formal clothes with a brown shoulder bag and holding a book his right hand
Photo by Ben White on Unsplash

Apa yang dimaksud dengan SWOT?

SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) merupakan suatu teknik analisis yang dapat di terapkan untuk membuat suatu perencanaan, termasuk merencanakan karir.

Baca Juga: Mengelola Ekspetasi Diri Sendiri

Dengan bantuan SWOT, kita bisa mengetahui strategi yang sesuai untuk mewujudkan semua tujuan yang telah di rencanakan dalam karir kita.

Unsur-unsur SWOT

Strategi SWOT akan membantu kita dalam merencanakan karir dengan lebih jeli, taktis, dan sebenarnya sangat mudah dilakukan. Nah, untuk melakukan model analisis ini, kita wajib memahami setiap unsur yang dipakai.

Pada umumnya, menggunakan metode SWOT untuk merencanakan karir terdiri dari 2 faktor yang bisa memengaruhi pengembangan karir kita, yaitu faktor internal atau dari dalam diri kita dan faktor eksternal atau dari luar diri kita

Faktor InternalFaktor Eksternal
S  = Strength atau kekuatanO = Opportunities atau peluang
W = Weakness atau kelemahanT = Threats atau ancaman  

Cara merencanakan karir dengan metode SWOT

Apa yang dimaksud dengan kekuatan, kelemahan, peluang atau ancaman? Agar lebih mudah dipahami, mari kita langsung praktekkan ke penerapannya dalam merencanakan karir sebagai berikut:

A student writing on the paper accompanied by a white mug
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Faktor internal perencanaan karir

S (Strength / Kekuatan)

Kita harus memahami kekuatan atau keahlian dalam bidang pekerjaan yang ada dalam diri. Cara untuk mengenali dan memahami kekuatan tersebut adalah dengan bertanya kepada diri kita, seperti :

  1. Apa kelebihan yang kita miliki dalam dunia karir dan pekerjaan ?
  2. Apa yang membuat kita lebih baik dari yang lain?
  3. Apa respons positif orang sekitar tentang kita selama ini?

W (Weakness / Kelemahan)

Setiap orang pasti memiliki kelemahan dan kekurangan tersendiri yang dapat mempengaruhi dunia kerja dan karir mereka. Cara untuk mengevaluasi kekurangan tersebut adalah dengan bertanya kepada diri kita, seperti :

  1. Apa yang wajib ditingkatkan dalam kualitas diri kita ?
  2. Apa saja faktor penyebab kelemahan kita ?
  3. Tindakan atau pencapaian apa saja yang telah dilakukan oleh teman atau orang sekitar sehingga nampak lebih baik dari kita?

Faktor eksternal perencanaan karir

O (Opportunities / Peluang)

Segala macam peluang mesti dapat dipantau dan diambil demi perkembangan di masa mendatang. Pembacaan peluang-peluang itu dapat dianalisis melalui sejumlah pertanyaan:

  1. Peluang jenis apa yang selama ini kita lihat sebagai batu loncatan dalam meraih kesuksesan dalam perencanaan karir kita ?

Baca Juga: Atur Energi Kita, Bukan Waktu Kita

Threats Ancaman

Situasi atau kondisi yang merupakan ancaman atau hambatan yang datang dari luar diri pribadi dan dapat mengancam perencanaan karir. Oleh karena itu, berbagai jenis ancaman itu wajib dianalisis melalui sejumlah pertanyaan:

  1. Banyaknya pesaing yang sudah mempunyai pengalaman
  2. Banyaknya pesaing yang sudah mempunyai keahlian lebih daripada kita

Strategi pengembangan karir berdasarkan metode SWOT

Setelah selesai merencanakan karir dengan metode SWOT, saatnya kita merealisasikannya! Cek 4 tips di bawah ini untuk mengembangkan karir kita berdasarkan analisa metode SWOT

  • Strategi untuk S-O :

Mengikuti beberapa pelatihan untuk meningkatkan potensi di dalam diri sesuai dengan passion kita agar lebih optimal dalam menjalankan suatu pekerjaan.

  • Strategi untuk W-O :

Mengikuti seminar untuk mempelajari peluang bisnis atau karir yang ada agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tepat.

  • Strategi untuk S – T :

Bersikap percaya diri dengan keahlian yang kita miliki serta mengoptimalkan keahlian tersebut.

  • Strategi untuk  W – T :

Konsultasi dengan orang terdekat ataupun mentor untuk mendapat masukan seputar perencanaan karir.


Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam merencanakan karir sekaligus merealisasikannya agar dapat mencapai target karir yang diinginkan.

Yuk, daftarkan email melalui “Subscribe” serta nyalakan notifikasi di sosial media kami, agar terus update dengan insight kami di website ini.

Salam, Chaakra

Leave a comment